Tak Usah Panik, Ini Cara Matikan Alarm Yang Berbunyi Sendiri


Alarm mobil tentunya jadi komponen penting terutama untuk melengkapi sistem keamanan pada mobil kamu. Cara kerjanya pun tidak begitu rumit. Alarm sendiri biasanya berhubungan dengan bagian panel-panel pada mobil kamu, seperti pada tuas pembuka pintu dan pada bagian pengunci pada pintu mobil. 
Hal ini sengaja dihubungkan karena mengingat jika ada hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada mobil kamu alarm tersebut akan langsung berbunyi yang menandakan bahwa mobil sedang dalam bahaya. Biasanya sensitifitas alarm tergantung merek mobil, bahkan bila merek yang sangat mahal hanya terkena getaranpun mobil tersebut akan berbunyi.
Karena terlalu sensitif tak jarang keberadaan alarm justru jadi sangat mengganggu, alarm tersebut akan terus berbunyi padahal mobil sedang dalam keadaan aman dan kondusif. Apalagi bila bunyi alarm terus-menerus tersebut tidak bisa kita hentikan.
Penyebabnya yakni baterai central lock yang habis, jika baterai central lockpada mobil kamu habis maka dengan terpaksa kamu akan membuka central lock atau kunci pintu mobil secara manual. Tentunya ini dapat menyebabkan kebisingan karena alarm akan terus berbunyi . Tak mau kan jadi sasaran amarah massa hanya karena soal alarm ini?
Berikut beberapa cara untuk mengatasi alarm mobil yang berbunyi terus menerus.
1. Ubah Mode Silent
Jika alarm tersebut berbunyi terus menerus atau juga karena terlalu sensitif kamu bisa menekan tombol kontrol pada remote central lock mobil kamu ke mode silent, karena jika tidak di silent mobil kamu akan membuat kebisingan terus menerus dan ini sangat mengganggu orang di sekitar.
2.  Ganti baterai remote
Hal yang kedua ini adalah jika baterai pada remote central lock kamu habis maka kamu akan membuka pintu mobil kamu secara manual dan ini akan menyebabkan mobil tersebut berbunyi terus menerus, langkah awal kamu bisa mencari baterai jam yang cocok untuk remote central lock mobil kamu untuk membuka secara otomatis.
3. Cara Manual
Alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak. Kemudian masukan anak kunci ke lubang starter, putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan.
Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti. Setelah alarm berhenti berbunyi maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan, seperti dilansir dari Astraworld.
Jika alarm sudah nonaktif, maka fungsi remote akan hilang. Setelah melakukan trik tersebut, disarankan mobil segera dibawa ke bengkel resmi agar fungsi remote dapat diaktifkan kembali.