Melirik Dapur Pembuatan Mobil Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Karawang - Daihatsu memproduksi mobil Toyota Calya dan Sigra di Karawang, Jawa Barat. Tepatnya di Kawasan Industri Surya Cipta, Jl. Surya Pratama Blok I Kav. 50, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Yuk kita intip seperti apa pabrik ini.


Pabrik seluas 940.012 m2 tersebut dinamakan Karawang Assembly Plant (KAP). Sayang karena alasan rahasia pabrik, detikOto tidak bisa banyak mengambil gambar di pabrik ini.

"Konsep dari pabrik ini adalah SSC (simple, slim, and compact) yang terdiri dari welding shop, assembly shop dan painting shop, dan Dapat memproduksi 200.000 unit pertahun," ujar Head Corporate Planning Division PT Astra Daihatsu Motor Rudy Ardiman.

Pabrik ini didirikan dengan investasi dari Daihatsu Motor Co. Ltd sebanyak 61,7%, PT Astra Internasional 31.9%, dan Toyota Tsusho 6,4%.

Saat ini pabrik yang diresmikan pada bulan April di tahun 2013 tersebut memproduksi beberapa varian terbaru dari Daihatsu. "Agya-Ayla, dan yang terbaru Calya-Sigra," ujarnya.

Sedangkan untuk produk Avanza-Xenia sudah tidak diproduksi di KAP. "Sudah dioper ke Sunter, Karena disana sudah bisa produksi mobil itu," tutur Rudy.

Sealain itu di KAP juga terdapat pusat penelitian dan pengembangan yang memiliki fasilitas R and D styling building, design experiment building dan track course sepanjang satu kilometer.

Untuk produksi jenis terbaru dari Daihatsu yaitu Sigra, waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 12 jam, dengan beberapa proses pengerjaan.

"Kurang lebih satu setengah shift, satu setengah shif itu berarti 12 jam, jadi mobil dijalanin, dari proses welding, nanti keluar, painting, assembling terus ke quality, misalnya kita nunggu unit pertama. 1,1 menit tag time operasional per pos itu menunjukkan volume, dibagi 1,1 menit, ya Kurang lebih 12 jam," tutur Dept Head Welding, Soni S.

Proses perakitan pada pabrik ini mempunyai dua pekerja, yaitu manusia dan robot. "
Robot 42%, manusia 58% itu untuk proses weldingnya," ujarnya,

Saat ini KAP dapat memprodusi sekitar 600 unit Daihatsu sigra perhari. "Dari total sekitar 900an mobil yang kita buat, Sigra sekitar 600an-nya," ujar Head Quality Inspection Dept, Fredrik K.S